Categories
Rumah

Memilih Material dan Mengatur Bujet

Saya terkadang mengalami kesulitan ketika harus mempertimbangkan antara manfaat dan harga bahan untuk lemari, lantai, dan dinding dapur. Ada saran? Kiswanti.

Solusi Ahli Sebaiknya mulailah dari pemilihan material yang secara fungsi tepat untuk dapur, seperti tahan panas, tidak licin, mudah dibersihkan dari minyak, tahan lama, dan mudah pemeliharaannya. Material ini bisa dipilih berdasarkan bujet kita. Apabila sudah memenuhi semua syarat tersebut, silakan tentukan warna/motif yang Anda sukai.

Baca juga : Jual Genset Bali

Material Sink pada Dapur

Saya ingin merenovasi dapur terutama bagian sink (tempat mencuci piring). Sebaiknya menggunakan material apa, ya?

Solusi Sahabat Rumah Halo.. ikutan share ya.. Menurut saya, sebelum menentukan dapurnya beton atau multipleks, dicek dulu kebutuhannya untuk apa? dan nantinya aktivitas masaknya akan seperti apa? Kalau dapur bersih hanya digunakan untuk memanaskan lauk, cuci tangan dan jarang cuci piring, mungkin multipleks secara keseluruhan tidak apa. Lain halnya kalau ingin dipakai untuk membuat roti, kue, dan lainnya sebaiknya top tablenya granit sehingga bisa buat menggiling adonan. Bahkan kalau ingin tempat cucinya dipakai untuk memandikan bayi (pernah lihat di flm ) buat saja bagian sinknya terbuka, pilih model sink kuno porselen, tidak pakai pintu. Jadi tidak lembap. Kalau saya sih, senangnya bisa mengganti-ganti motif multipleks. Jadi serasa punya dapur baru. Heheā€¦ Intinya cek dulu kebutuhannya dan aktivitas harian di dapur. Dari hal-hal itu kita bisa membuat pilihan desainnya. Menyenangkan ya, merenovasi rumah. Hehe..

Solusi Sahabat Rumah Kalau menurut pengalaman saya dengan kitchen set, untuk bagian yang ada sink (tempat cuci piring) jangan mengunakan teak block/kayu, karena pada bagian bawah dari sink ini biasanya akan ada embun-embun air atau kondensasi sehingga akan lembap dan basah. Nah, lembap itu bisa menyebabkan kayunya cepat lapuk dan bengkak. Jadi sebaiknya terbuka saja atau gunakan sink yang dudukannya terbuat dari solid surface atau bata. Thanks.

Solusi Ahli Untuk dudukan sink, yang terbaik adalah solid material seperti batu alam granit/marmer dan material sintetik campuran fber yang biasa disebut solid surface. Namun, harganya cenderung lebih mahal. Batu bata yang diplester bisa menjadi pilihan yang lebih ekonomis, dengan dilapisi keramik sebagai pelindung sekaligus estetika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *