Panen Optimal dengan Pengganti AGP Bagian 2

Accidifier, Minyak Esensial, dan Herbal

Salah satu produk pengganti AGP berbahan baku acidifier dan minyak esensial adalah Acitec A-GR keluaran PT Farma Sevaka Nusantara. Acitec A-GR efektif mengurangi kolonisasi Enteropathogen tanpa menekan mikroflora bermanfaat, menjaga kesehatan saluran cerna sehingga mencegah ko – toran basah, mengoptimalkan penyerapan nutrisi, meningkatkan pertumbuhan dan kualitas telur, serta mengurangi penggunaan antibiotik. PT Medion terdepan mengembangkan produk herbal sebagai pengganti AGP seperti Fithera dan Respitoran. Fithera mengatasi penyakit bakterial dan koksidiosis yang aman digunakan dan tidak menghasilkan residu pada hasil ternak. Respitoran adalah produk herbal bersifat suportif untuk meng – atasi penyakit pernapasan kronis (cronic respitatory disease-CRD) dengan mencegah radang saluran pernapasan, menurunkan sekresi lendir, lalu mengencerkan lendir. Penggunaan pada penyakit bakterial perlu dikombinasikan dengan antibiotik. PT Monrad Lumban Holbung menawarkan Herbanimals yang terbuat dari beberapa jenis her – bal temulawak, kunyit, jahe, dan jintan. Her ba – nimals menurunkan FCR dan kematian, menaikkan bobot tubuh, serta meningkatkan performa ayam. Ayam yang mengonsumsi produk ini mengandung protein di atas 23%, lemak di bawah 2%, dan rasanya lebih gurih.

Mineral

PT Neovia Indonesia dan PT Trouw Nutrition Indonesia menyajikan produk inovatif berbahan baku mineral. Neovia memproduksi B-SAFE®, solusi aman dan alami yang mengandung zeolit sintetik dan kuprum (Cu). B-SAFE® bermanfaat mengen – dalikan perkembangan flora patogen, membantu pertumbuhan flora normal, memastikan keseim – bangan mikroflora usus, melindungi sistem pencernaan, mengoptimalkan penyerapan nutrisi, dan memperbaiki produktivitas ayam. Trouw menghadirkan Selko Intellibond, hydroxy trace mineral untuk memenuhi kebutuhan produksi unggas modern. Trace mineral berfungsi men – dukung proses metabolisme tubuh unggas. Saat ini tersedia Intellibond C dan Intellibond Z. C mewakili kuprum dan Z mewakili seng yang bermanfaat menjaga nutrisi dan mengoptimalkan potensi genetik ayam modern. PT Sehat Cerah Indonesia menawarkan Gustor BP- 70 yang mengandung sodium butirat. Mineral ini memiliki efek antibakteri, menstimulasi produksi enzim, meningkatkan penyerapan elektrolit dan mengurangi masalah pencernaan, serta menye – diakan sumber energi. PT Sanbio Laboratories dan PT Mensana Aneka Satwa menyiapkan premiks pemacu pertumbuhan Masamix. Premiks dengan kandungan trace mineral, kombinasi multivitamin, dan asam amino ini meningkatkan kualitas ransum, mencegah defisiensi vitamin dan asam amino.

Probiotik dan Vaksin

Biochem menghadirkan BetaPro 300 yang terbuat dari probiotik Bacillus subtilis DSM 17299, enzim, dan senyawa betaine. BetaPro 300 berfungsi memelihara kesehatan usus, memperbaiki penyerapan nutrisi, meningkatkan performa ayam, dan menurunkan biaya pakan. Strain DSM 17299 melindungi usus dari serangan bakteri patogen dan toksin dengan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan berkompetisi dengan patogen. Evonik memiliki Ecobiol® berbahan baku Bacillus amyloliquefaciens CECT 5940 yang mampu menghambat bakteri patogen seperti Clostridium perfringens, Salmonella, dan E. coli. Strain ini menghasilkan metabolit sekunder dan asam laktat yang mempengaruhi interaksi populasi bakteri dalam usus. Meski bukan pengganti AGP, vaksin juga berperan penting melindungi kesehatan ayam sejak dini dan jangka panjang. PT Ceva Animal Health Indonesia menghadirkan inovasi baru vaksin vektor dengan teknologi rekombinan. Vectormune AI bisa meng – endalikan penyakit Marek dan AI karena dibuat dari vektor virus Marek yang dicangkokkan ke virus AI. Vaksin ini mampu mengurangi keluarnya partikel virus dari tubuh ayam.