Categories
Rumah

Renovasi dan Tata Ulang Ruang Bag 2

Jika saya perhatikan denah rumah Anda saat ini, terlihat seperti tidak ada perencanaan yang matang, sehingga peletakan ruang terkesan seadanya. Misalnya, di area yang Anda anggap rumah utama (di bagian depan), tidak ada kamar mandi sama sekali. Di sana ada 3 ruang tidur, sehingga penghuni ketiga ruang tidur itu harus menggunakan kamar mandi yang ada di belakang.

Baca juga : Jual Genset Jakarta

Tentunya ini bukan hal yang baik, mengingat ruang tidur ini terlihat dari ruang keluarga dan tamu. Selain itu, penambahan ruang yang tidak direncanakan dengan baik juga membuat ruang keluarga, ruang tamu, dan dapur minim bukaan sehingga menjadi gelap di siang hari. Sebagai solusinya, saya akan menghadirkan kamar mandi di area depan. Kamar mandi ini akan diletakkan diantara ruang tidur 1 dan 2. Untuk kamar mandi yang lain, saya letakkan di dekat ruang tidur 3 dan 4.

Sementara kamar mandi pembantu diletakkan dekat ruang tidur pembantu. Ruang serba serbi yang ada di depan saya manfaatkan untuk garasi, sementara sebagian ruangnya akan saya jadikan perluasan ruang keluarga. Tujuannya agar keluarga nyaman berkumpul. Salah satu dindingnya saya jebol dan saya buat jendela yang menghadap ke taman.

Sementara musala diletakkan di area tengah, di samping ruang keluarga sehingga mudah diakses dari mana saja. Musala ini terletak di sebelah taman sehingga udara dan cahaya dapat masuk dengan optimal. Ruang makan dan dapur saya buat menyatu, tanpa sekat. Salah satu jendela juga dibuat menghadap taman. Dengan begini, semua ruang dapat bersentuhan dengan ruang luar. Untuk area sumur, tetap dipertahankan, hanya diberi semacam ruang yang berdinding.

Hanya, satu dari 4 dinding saya buat hanya setinggi 1,0m. Untuk tampak depannya, saya mengganti kanopi garasi rumah Anda dengan beton sehingga lebih modern. Saya juga mengganti desain pintu dan jendela. Di depan rumah, saya buatkan taman untuk penghijauan, agar rumah Anda tidak terlihat gersang. Demikian jawaban yang saya berikan, semoga menginspirasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *